Mei 05, 2009

Ngantuk & Tips Mengusirnya..

Ngantuuk..?, semua orang pasti pernah mengalaminya, karena ngantuk merupakan pembuka untuk pemenuhan salah satu kebutuhan manusia yaitu tidur…Bayangkan klo kita tidak bisa ngantuk, sangat-sangat tidak enak. Gak percaya..?coba tanya sama pengidap insomnia…

Persoalannya…, apakah munculnya ngantuk itu pas atau tidak dengan situasi sekitar…
Kalau ngantuk itu muncul saat kita siap-siap menjelang tidur, itu suatu yang sangat diharapkan, karena kita bisa langsung tancap gas, dan zssst…zsst….. mimpi indahpun datang.

Ngantuk di depan televisi… , saat kita asyik menyimak berita-berita “panas” yang sedang lewat :

- Seorang ibu yang tergopoh-gopoh mendengar jeritan sikecil anak yang sangat dikasihinya, dan ternyata si anak sebel karena bubur ayamnya masih panas,

- atau acara jejak petualangan menyusuri jalan-jalan jam 12 siang yang tentunya …sangat panas,

Ngantuk bisa saja datang tiba-tiba, dan kitapun terlena, untung saja sang penyiar tidak bisa turun dan keluar, karena tentu ia akan berkata :
“Eh.. bangun, gantian siaran donk aku juga ngantuk niich..”

Ngantuk bisa juga terjadi di dalam bis, apalagi saat siang hari, kalau sudah duduk, angin berhembus sepoi dari jendela, badan sudah letih, ditambah lagi kalau kelihatan dari depan sang kondektur sudah mulai menarik ongkos, semakin mempercepat proses tidur pulas..( ini juga suatu strategi usaha.., barangkali sang kondektur jatuh iba , tidak jadi narik …..., )
Celakanya, kalau ngantuk datang tidak dapat ditahan, sementara tujuan sudah hampir sampai. Saat terbangun, tahu-tahu… “Haah … sudah sampai mana ini…?”
Anggap saja hal itu merupakan hasil kebaikan pak sopir, kasih bonus jarak tempuh yang lebih banyak.

Cuma diusahakan jangan ngantuk di kelas saat pelajaran tata boga….,
Saat Ibu Guru bertanya : “ Lebih disukai mana penyajian buah segar atau manisan…?
Karena saking mengantuknya,
“Lebih manisan Bu guru, karena itu saya suka…”

Berikut ini tips untuk mengusir ngantuk :

Terapi kejut
Kejutan dapat hadiah uang 1 milyar…, dijamin dapat mengusir jauh –jauh rasa ngantuk tersebut, mata menjadi terbuka lebar, membelalak…, bahkan bisa-bisa sampai terlompat dari kursi… gedubraak…

Terapi air
Ambil Air es, ciprat-ciprat air tersebut kearah muka orang yang ngantuk, tidak usah sampai basah kuyup, cukup lah 5 sampai dengan 10 kali cipratan…, dalam waktu tidak terlalu lama.., mata akan berkedip-kedip, dan perhatikan ekspresi yang timbul…apakah ada ekspresi kemarahan…?
Kalau iya….hati-hatilah… , cepat-cepat lari ambil langkah seribu …….kabuuur…

S e l a m a t m e n c o b a….
Ngantuk bisa datang dimana saja, kapan saja dan siapa saja………






    11 komentar:

    Marianus mengatakan...

    kalau saya ngantuk ya... ambil waktu dan tidur... paling enak... apapun situasinya... kalau tidak kita akan merasa tersiksa...

    BIG SUGENG mengatakan...

    saya kalau ngantuk minum teh atau kopi ...... setelah habis teh atau kopinya yaa langsung tidur

    Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

    terapi kejut? hue he he...kalo jantungan langsung game dong. he he he..lucu nih postingannya.

    Vicky mengatakan...

    Kalo ngantuk, coba taro korek api dibikin berdiri di mata. Pasti melek deh..

    black_id mengatakan...

    kalau aku lagi ngantuk, ada yang ngsih es krim,,,,,,,,
    nyam..5x,,,,langsung ilang deh tu ngantuk....

    inuel mengatakan...

    aku sering ngatuk mba,,waktu tidur aku ngga ada 6 jam,,hiks hiks,,klo ngantuk,,aku biarin,,makanya badn aku jadi kurus gini,,*wedew,endutnya seberapa,segini kurus,,hahahahah*

    eel's mengatakan...

    He he...Thx marianus, Big Sugeng, fanny,vicky,Black id & inuul...yang dah kasiih koment,...and mariiii kita ngantuk bareng... satu... dua... tiga...mulai!

    IjoPunkJUtee mengatakan...

    Saat ini
    Ku ingin kantuk menghampiri
    membawaku berlari ke alam mimpi
    bercumbu dengan hembus napas yang sedemikian rapi

    sibaho way mengatakan...

    ada lagi tips cara ngilangin ngantuk: secangkir kopi sama pisang mentah. kopinya diminum dan dalam waktu yang bersamaan, pisang yang sudah dibuang kulitnya dicolokin ke mata. dijamin :D

    joe mengatakan...

    tapi resep yang paling manjur adalah molor alias tidur ...

    AWS_ngofaTIDORE mengatakan...

    kayaknya boleh dicoba tuh tipsnya...