Mei 12, 2009

Award diantara tumpukan kado




Sebagai tante yang baik… (muji diri..), saat keponakan mo married khan harus ikut sibuuk neeh. Sibuk kesana-kemari , mondar mandir… persiis setrika yang lagi online…maju mundur… kanan kiri..pokoknya dibikin sibuk. Termasuk tentunya ikut sibuk menghabiskan snack & makanan, itu jelas salah satu agenda….. bahkan mungkin utamanya…


Jadi… ceritanya dalam seminggu , aku tuh gak buka rumahku…(eeh aku buka diiing…, cuma penghuninya ga’ di rumah……jadi siapapun yang mo mampir ya bisa aja masuk silahkan… karena tidak dikunci…)

Marriednya si hari Sabtu tanggal 9 May 2009, trus Minggunya acara syukuran kecil-kecilan di rumah ( eeh nggak ada yang nanya kok ya..? yaah… anggap aja ini sekilas info..)


Satu hal yang menarik kalau acara syukuran pernikahan seperti itu.., biasanya ada acara adat.. (kalau di tempatku pakai adat jawa) dimana dalam acara tersebut tidak cuma memakai pakaian adat..(dimana ibu-ibu pakai kain jadi jalanya seperti jinjit-jinjit, di kepala ada konde, yang agak-agak berat kalau belum biasa…,sedang bapak-bapak memakai beskap…dan blangkon..), disamping itu juga ada simbol-simbol tertentu yang diwududkan dalam ritual, seperti : kacar kucur, balang-balangan sirih, ada juga pijakan telur, dimana sang pengantin dua-duanya menginjak satu telur ayam kampung sampai pecah….Ada juga tarik-menarik ayam panggang , seekor ayam panggang diperebutkankan sang pengantin (yang ini dijamin tidak seheboh tarik tambang kalau tujuh belas agustusan…..) de el el….
Tentunya semua itu ada maknanya…. Cuma jangan tanya saya yaa.. detilnya… please…( aku sendiri tidak paham betul hehe..)

Satu hal yang tak kalah pentingnya yaitu acara sungkeman.., dimana sang pengantin sungkem bapak ibu, mengucapkan terima kasih sudah diasuh sejak kecil, dan mohon restu untuk mulai belajar membangun rumah tangga sendiri…..Naah kalau lagi acara sungkeman.. biasanya suasana berubah jadi haru…kalau tidak mempelai, ya orang tua atau bahkan dua-duanya ada yang menangis… termasuk yang menyaksikan jadi ikut-ikutan…( aku juga ….., ikut-ikutan… ambil snack…hiks hiks….. )


Kalau dipikir-pikir acara adat agak ribet sedikit..dan lumayan bikin capai.., tapi bagaimanapun juga itu budaya warisan leluhur yang harus dilestarikan (ck..ck…,), kalau bukan kita yang melestarikan , siapa lagi coba..? (Iya, coba…! Lhaa… aku bertanya pada siapa……? )

Setelah semua acara selesai…, rencananya aku sekeluarga mo pamitan pulang… , tapi tiba-tiba ada seseorang memanggilku..
“Eeeh mbak jangan pulang dulu, ini jangan lupa dibawa..ya.. ”, sambil ambil bungkusan besar yang manis …diantara tumpukan kado…
“Whalaah.. kok untukku ?”
“Zssst, Ini memang bukan untuk pengantin, tapi titipan untuk mbak, katanya dari Fanny.... , Mbak tadi sibuk terus siih jadi baru sempat aku kasihkan…”

Tanpa tengok kanan kiri langsung aku buka bungkusnya… Wooow mak nyeees… badan capai habis acara mantenan… pulangnya dapat bawa 3 award… asyiik… (makasiiiih banget mba Fanny...)
Naah kebetulan, untuk yang baru punya rumah baru…AWS-Tidore.... aku bagi award nya niih…

Ooh iya… bagi para calon pengantin… baik yang masih lamaaaaaaaaaaa…. maupun dikiiiiit hari lagi… Selamat mempersiapkan segala sesuatunya yaa…. OK? Nanti aku kasih kado award deeh…



12 komentar:

Vicky mengatakan...

Bingung aku. Aku juga orang Jawa, tapi apa mesti rebutan ayam panggang ya? Kenapa ndak dimakan aja bersama-sama dalam damai tanpa harus rebutan segala? Dan kenapa mesti ayam? Aku lebih seneng bebek, atau kambing..Rasanya lebih maknyus gitu lho..

eel's mengatakan...

Dalam tarik menarik panggang, dua-duanya saling mengalah.., jadi ga ada yang menang, katanya si harapannya nantinya biar nggak ada yg maunya menang sendiri... gitu kali yaaa...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kreatif nih. kirain beneran dpt kado dari siapa gitu. ha ha ha...

AWS_ngofaTIDORE mengatakan...

Wah...serius nih, awardnya buat aku semua tiga2nya??
Makasih ya, ntar q jadiin tambahan aksesoris di rumah baruq.
Q ambil skr ya.....oiya, kantong kreseknya ada gak, pinjem buat ngisi award buat dibawa pulang ke Tidore.

My Blog mengatakan...

wah bnyak y awardnya..

joe mengatakan...

wah, aku ra diundang yo?

eka mengatakan...

sekarang udah ngga capek? kalau belum minum aja jamu temulawak nantikan mak yesss seger

bunga yara mengatakan...

selamat ya wah pasti seneng bngt tuh

Hary4n4 mengatakan...

Wuih..awardnya borongan yaa..? Selamat ya mbak, mudah2an bentar lagi dapet rezeki yg lebih banyak lagi..hehe. Maaf baru main lagi kesini..salam hangat selalu dalam persahabatan.

reni mengatakan...

Selamat deh dapat award borongan...
Pasti capeknya langsung hilang..
Salam kenal juga mbak.

bunga raya mengatakan...

selamat sore senang baca artiklemu

bunga raya mengatakan...

aku juga lagi narik2 blog kamu neh sapa tau besoo mau datang
karena aku datang membawa satu point buatmu
hii........